Standar etis merupakan fundamental
Etika sebagai standar
perilaku bermoral, yaitu perilaku yang diterima oleh masyarakat sebagai
benar versus salah. Banyak orang amerika sekarang ini mempunyai sedikit
nilai moral yang absolute. Banyak yang memutuskan secara situasional
apakah boleh untuk mencuri, berbohong, atau minum dan mengemudi. Mereka
tampaknya berfikir bahwa apa yang benar adalah apa pun yang terbaik bagi
individu tersebut, bahwa setiap orang harus menentukan bagi dirinya
sendiri perbedaan antara benar dan salah. Hal itu adalah jenis pemikiran
yang telah menyebabkan skandal-skandal dalam pemerintahan dan bisnis
akhir-akhir ini.
Etika dimulai dari kita masing-masing
Dua studi akhir-akhir
ini menemukan bahwa terdapat hubungan yang erat antara ketidakjuuran
akademis di antara mahasiswa s1 dan ketidakjujuran selanjutnya, ketika
mahasiswa yang sama berada dalam dunia kerja. Tujuan dari kotak
mengambil keputusan etis yang anda lihat di sepanjang teks ini seperti
yang satu ini pada pembajakan musik adalah untuk memperlihatkan kepada
anda pentingnya selalu ingat pada etika setiap kali anda membuat
keputusan bisnis.
Mengelola bisnis secara etis dan bertanggung jawab
Etika adalah sesuatu
yang ditangkap dan bukan dikatakan. Maksudnya,orang mengetahui standard
an nilai mereka dari mengamati apa yang dilakukan orang lain, bukan dari
mendengarkan apa yang mereka katakan. Hal ini terjadi dalam bisnis dan dirumah.
Beberapa manajer
berpikir bahwa etika adalah masalah personal bahwa individu-individu ada
yang mempunyai prinsip etika dan ada yang tidak. Para manajer ini
merasa bahwa mereka tidak bertanggung jawab untuk kelakuan buruk
individual dan bahwa etika tidak ada hubungannya dengan manajemen.
Menetapkan standar etis korporat
Kode etika berbasis
kepatuhan menekankan pencegahan perilaku yang melanggar hukum dengan
meningkatkan kontrol dan dengan memberikan sanksi kepada yang melanggar.
Sementara kode etika berbasis kepatuhan didasarkan pada penghindaran
hukuman legal, kode etika berbasis integritas mendefinisikan nilai-nilai
panduan organisasi, menciptakan sebuah lingkungan yang secara etis
mendukung perilaku yang baik, dan menekankan akuntabilitas bersama antar
karyawan.
Tanggung jawab sosial korporat
Tanggung jawab social
korporat adalah perhatian yang dimiliki bisnis terhadap kesejahteraan
masyarakat. Tanggung jawab ini didasarkan pada perhatian perusahaan bagi
kesejahteraan semua pemangku kepentingannya, tidak hanya pemiliknya.CSR
jauh melampaui jauh hanya sekedar menjadi etis. CSR didasarkan pada
komitmen terhadap prinsip-prinsip dasar, seperti integritas, keadilan
dan rasa hormat.
Kinerja social perusahaan mempunyai beberapa dimensi :
1. filantropi korporat adalah dimensi tanggung jawab social yang meliputi sumbangan amal
2. inisiatif social korporat adalah bentuk lanjut dari filantropi korporat yang lebih berkaitan secara langsung dengan kompetensi perusahaan.
3. tanggung jawab korporat adalah
dimensi tanggung jawab social yang meliputi semuanya dari
memperkerjakan pekerja minoritas hingga membuat produk yang aman
4. kebijakan korporat adalah dimensi tanggung jawab social yang merujuk pada posisi yang diambil perusahaan pada isu social dan politik
Tanggung jawab terhadap pelanggan
Satu tanggung jawab
bisnis adalah untuk memuaskan pelanggan dengan menawarkan barang dan
jasa yang bernilai nyata. Merupakan tema yang berulang dalam buku ini
adalah pentingnya untuk menyenangkan pelanggan.
Tanggung jawab terhadap investor
Beberapa investor yang
dikenal sebagai pedagang dalam telah memilih cara-cara tidak etis untuk
meningkatkan kesehatan financial mereka sendiri. Perdagangan dalam
melibatkan orang dalam yang menggunakan informasi rahasia perusahaan
untuk memperkaya diri sendiri atau keluarga dan teman-teman mereka.
Tanggung jawab terhadap karyawan
Bisnis mempunyai
sejumlah tanggung jawab terhadap karyawan. Mereka mempunyai tanggung
jawab untuk menciptakan lapangan pekerjaan jika mereka ingin tumbuh.
Jika sebuah perusahaan memperlakukan karyawannya dengan rasa hormat,
mereka biasanya juga akan menghormati perusahaan. Rasa hormat itu akan
membuat perusahaan besar dalam laba perusahaan. Satu cara sebuah
perusahaan dapat menampilkan komitmen dan perhatian adalah dengan
memberi gaji dan tunjangan yang membantu mereka menjangkau tujuan-tujuan
pribadi mereka.
Tanggung jawab terhadap masyarakat dan lingkungan
Satu tanggung jawab
utama dari bisnis terhadap masyarakat adalah untuk menciptakan
kemakmuran baru. Bisnis juga sebagian bertanggung jawab untuk
meningkatkan keadilan social. Bisnis mungkin merupakan institusi yang paling krusial dari masyarakat sipil.
Kualitas lingkungan
adalah kebaikan public. Maksudnya, setiap orang menikmatinya tanpa
peduli siapa yang membayar untuknya. Cara yang dapat digunakan
perusahaan adalah untuk menemukan kebaikan publik yang tepat yang
menarik bagi pelanggannya.
Audit sosial
Sebuah audit social
adalah sebuah evaluasi sistematis dari kemajuan organisasi menuju
penerapan program yang bertanggung jawab dan responsive secara sosial.
Satu dari masalah utama dalam melakukan audit social adalah menetapkan
prosedur-prosedur untuk mengukur aktivitas sebuah perusahaan dan
pengaruhnya pada masyarakat.
Etika dan tanggung jawab social internasional
Tidak ada komentar:
Posting Komentar