Selasa, 11 Desember 2012

Mengadaptasi Organisasi Pada Pasar Sekarang



Beberapa perusahaan sedang melalui proses reorganisasiyang menyakitkan.Mereka menutup pabrik,memecat karyawan dan melakukan restrukturisasi dalam oerasu mereka supaya lebih kompetitif.Fayol memperkenalkan prinsip prinsip seperti kesatuan perintah,hierarki otoritas,divisi tenaga kerja,subordinasi kepentingan pribadi kepada kepentingan umum, otoritas,saluran komunikasi yang jelas,susunan dan keadilan.Weber menambahkan prinsip prinsip birokrasi seperti prinsip prinsip pekerjaan ,peraturan dan keputusan pedoman yang tertulis ,prosedur yang konsisiten,serta susunan kepegawaian dan promosi yang didasarkan pada kualifikasi.
Isu isu yang terlibat dalam strukturisasi dan restrukturisasi organisasi mencakup sentralisasi versus desentralisasi,rentang kendali,struktur organisasi datar versus tinggi dan departementalisasi.Desain organisasional adalah koordinasi para pekerja sehingga merakadapat mencapai tujuan perusahaan dengan baik.Dua bentuk tradisional organisasi yang di eksplorasi dalam buku ini adalah organisasi jalur dan organisasi jalur dan staf.bentuk alternative orgaisasi adalah organisasi matrik dan tim yim mandiri lintas fungsional.Korporasi virtual adalah jaringan organisasi yang terdiri atas perusahaan perusahaan yang dapat digantikan yang bergabung dan meninggalkan jaringan tersebut sesuai kebutuhan.Transparasi adalah konsep yang mendiskripsikan sebuah perusahaan yang begitu terbuka dengan perusahaan lain yang bekerja sama dengannya sehingga penghalang diantara mereka menjadi tembus pandang dan informasi elektronik dibagikan seolah perusahaan perusahaan itu adalah satu perusahaan .

Manajemen, Kepemimpinan, Dan Pemberdayaan Karyawan

sebelum membahas lebih dalam lagi tentang materi ini pertama kita harus tau dulu apa pengertian manajemen itu..
Manajemen yaitu proses yang digunakan untuk mencapai tujuan organisasional melalui perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian orang dan sumber – sumber daya organisasional lainnya. Manajemen mempunyai fungsi perencanaan, pengorganisasian, pemimpin dan mengontrol.
Dalam pengorganisasian Manajemen yang pertama yaitu Manajemen puncak(manajemen tertinggi) yaitu prresident. yang kedua Manajemen menengah meliputi general manajer, ketiga Manajemen Penyelia.
di dalam Manajemen juga sangat diperlukannya ketrampilan manajemen:
  • teknis ketrampilam
  • manusia hubungan keterampilan
  • dan konseptual keterampilan
sedangkan kepemimpinan yaitu menciptakan visi untuk organisasi dan mengomunikasikan, membimbing, melatih, dan memotivasi orang lain untuk bekerja secara efektif untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi.
dalam pencapaian tujuan bisnis yang baik maka kita harus merencanakannya dan jenis- jenis perencanaan itu sebagai berikut ini :
  • Perencanaan strategis
  • Perancanaan taktis
  • Perencanaan Operasional
  • Perencanaan kontingensi
ada 3 gaya kepemimpinan
  1. Kepemimpinan otokrratis
  2. kepemimpinan participatif
  • kepemimpinan free-rein
type kepemimpinan:
  1. rasional
  2. politik
  3. kemanusiaan
  4. kebudayaan
memberdayaan karyawan
  • pemberdayaan:
memberikan karyawan wewenang dan tanggung jawab untuk membuat keputusan.
  • mengaktifkan:
memberikan pekerja alat pendidikan yang dibutuhkan untuk membuat keputusan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar